Berbagi Tentang Budaya dengan Orang Amerika 

Pada tanggal 31 Mei 2018 yang lalu Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) kedatangan tamu 7 orang akademisi dari University of Missouri, Amerika Serikat. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) menyambut para tamu tersebut dengan menyelenggarakan acara “Meeting & Sharing with Natives from America” di Ruang Pertemuan 1 Kampus 1 Universitas PGRI Madiun.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Samsul Arifin, S.Pd.,M.Pd. selaku kaprodi PBI serta perwakilan dari mahasiswa-mahasiswa prodi PBI. Acara tersebut diawali dengan permainan engklek yang merupakan permainan tradisional Jawa. Permainan itu dimainkan oleh beberapa perwakilan tamu serta beberapa mahasiswi programstudi PBI. Para tamu dari Amerika sangat menikmati permainan tersebut. Lalu acara dilanjutkan dengan sesi culture sharing, para tamu dari Amerika berbagi tentang kebudayaan serta kehidupan sehari-hari mereka saat di Amerika. Sesi ini lalu dilanjutkan dengan sesi small discussion yang merupakan sesi berbagi yang lebih intens, dalam sesi ini terjadi tanya jawab antara tamu dari Amerika dengan perwakilan dari mahasiswa-mahasiswa prodi PBI.

Menurut Bapak Samsul Arifin, S.Pd.,M.Pd., adanya acara semacam ini diharapkan dapat memacu semangat para mahasiswa dan mahasiswi prodi PBI agar semakin terpacu untuk meningkatkan kemampuan akademik serta bahasa Inggrisnya agar mampu mendapatkan beasiswa internasional, salah satunya yaitu beasiswa ke Amerika Serikat.