Ayo Belajar Wawasan Kebangsaan 

Pelaksanaan PKKMB hari kedua pada 11 September 2019 di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun diawali dengan pemberian materi wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si. dari Korem 081 DSJ. Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si menjelaskan mengenai pengertian wawasan kebangsaan dan pentingnya belajar wawasan kebangsaan.“Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang tentang diri dan lingkungannya berdasarkan cita-cita dan tujuan nasional. Wawasan kebangsaan juga memiliki pengertian yaitu pokok-pokok pikiran mengenai cita-cita dan tujuan nasional,” ungkap Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si.

Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si juga menambahkan bahwa ancaman-ancaman di Indonesia terdiri dari ancaman militer seperti terorisme dan radikalisme dan non militer seperti globalisasi dan narkoba. Ancaman tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Sistem Pertahanan Semesta yang total, terpadu dan terukur. Namun, sebagai mahasiswa dapat menanggulangi ancaman tersebut dengan semangat kebangsaan yaitu setia kawan, rela berkorban, patriotisme serta mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan belajar dan bekerja.

Terakhir, Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si memberi himbauan dan pesan kepada mahasiswa baru Universitas PGRI Madiun. “ Pertama, saya mengucapkan terima kasih. Saya sangat terhormat dan bangga diundang di Universitas PGRI Madiun ini bisa memberikan bekal ilmu sedikit kepada mahasiswa-mahasiswa baru. Harapan saya kedepan, adik-adik mahasiswa bisa belajar dengan baik dan mempunyai prestasi yang tinggi sehingga bisa mengisi pembangunan ini dengan sebaik-baiknya dan merupakan pewaris negeri ini sehingga mereka harus belajar, bekerja  dengan keras untuk mencapai cita-citanya dan untuk mengisi kemerdekaan ini,” pesan Kol. Inf. Masduki, S. E., M. Si.