Strategi Pemilihan dan Persiapan Memasuki Dunia Kerja 

Memasuki rangkaian pembekalan alumni hari ke-dua, mahasiswa calon sarjana Univesitas PGRI Madiun dibekali strategi persiapan memasuki dunia kerja. Mulai dari administrasi, psikotest, wawancara, sampai dengan kompetensi bidang. Anita Nurul, M.Psi, Psikolog, narasumber pembekalan alumni hari ke-2 memberikan banyak sekali tips-tips dalam menghadapi psikotest dan wawancara.

“Pahami pertanyaan, jawab dengan lengkap, dan gunakan kesempatan bertanya dengan sebaik mungkin,” pesan Anita Nurul, M.Psi, Psikolog. selain itu Anita Nurul juga menyampaikan agar menghindari pemakaian kata ‘mungkin’ dan atau ‘sedikit menguasai’ dalam wawancara karena hal itu akan mematikan diri sendiri.

 Mahasiswa juga dapat mempersiapkan diri sedini mungkin dengan mengikuti seminar ataupun workshop yang berkaitan dengan persiapan kerja. Di Universitas PGRI Madiun sendiri juga disediakan UPBK atau Unit Psikologi Bimbingan dan Konseling di mana mahasiswa dapat berkonsultasi dengan mudah. Richa Pramudia Trisnani, M.Pd, kepala UPBK Universitas PGRI Madiun juga menyampaikan bahwa UPBK selalu menyambut dengan baik mahasiswa yang ingin berkonsultasi. Mahasiswa akan dibimbing dan dibina agar lebih siap dalam menghadapi seleksi dunia kerja.

Mengutip yang disampaikan oleh Drs. R. Bekti Kiswardianta, M.Pd, Wakil Rektor 3 Univesitas PGRI Madiun dalam sambutannya, bahwa kemampuan atau kesuksesan seseorang tidak diukur dari kecerdasan ataupun perguruan tinggi mana yang dimasuki, namun mahasiswa harus mengembangkan softskill, memberdayakan diri sendiri, dan mengeksplor kemampuan diri. Oleh karena itu, persiapan sedini mungkin merupakan langkah yang sangat baik dalam mencapai kesuksesan di masa depan.