Perjuangkan Kesetaraan Gender Tjandra Kirana Raih Juara 2 

Dalam rangka lomba tari kreasi, Komsos Kreatif tahun 2020 yang diselenggarakan Kodim 0803 Madiun, UKM Tjandra Kirana Universitas PGRI Madiun tampilkan tari Dharmatama. Tari Dharmatama merupakan tari yang terinspirasi dari perjuangan sorang wanita dalam meraih kesetaraan gender.

Sonia, Ketua Umum UKM Tari Tjandra Kirana menyampaikan bahwa tari Dharmatama merupakan hasil eksplorasi teman-teman Tjandra Kirana. Mereka juga mengkoreografi sendiri semua gerakan tari yang ditampilkan dalam lomba. Hal ini menjadikan tari Dharmatama lebih unik.

Tjandra Kirana memang sudah sering kali mendapatkan penghargaan. UKM Tari Universitas PGRI Madiun ini selalu tampil dengan maksimal di setiap penampilan mereka. Persiapan untuk mengikuti lomba tari kreasi ini pun tidak sampai 2 minggu, seperti yang disampaikan Sonia. Namun mereka tetap bisa menampilkan tari Dharmatama dengan lancar.

"Sempat ada sedikit kesalahan teknis dan harus mengulang tarian di akhir penampialan," ungkap Sonia, "namun teman-teman tidak panik ataupun terpuruk sehingga kita bisa menguasai keadaan. Untungnya tidak ada pengurangan nilai dan alhamdulillah menjadi juara 2," tambahnya.