Pelatihan Media Pembelajaran Daring Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat  

Tim Dosen Universitas PGRI Madiun adakan pelatihan pemanfaatan google classroom dan pembuatan video camtasia dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari program hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh LPPM Universitas PGRI Madiun. Dengan tim pelaksana yang terdiri dari Tri Wahyuni C, Sri Lestari, dan 3 orang mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Pelatihan diadakan di SDN Madiun Lor 5 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan diikuti oleh 45 guru SD Gugus II Manguharjo. Dibuka dengan sambutan dari kepala sekolah, perwakilan dosen Universitas PGRI Madiun, serta pengawas SD. Selajutnya diikuti dengan penandatanganan MoU kegiatan serta penyerahan modul panduan penggunaan aplikasi Google Classroom dan pembuatan video pembelajaran dengan Camtasia.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan dibagi menjadi dua kelas diantaranya kelas Google Classroom dan kelas Camtasia. Dengan harapan, guru SD di gugus II Manguharjo dapat memanfaatkan Google Classroom dan Camtasia sebagai media pembelajaran online. Terutama di masa pandemi ini, pembelajaran menggunakan media daring merupakan cara paling efektif selama periode belajar dari rumah.