Lestarikan Batik, TIM PHP2D UNIPMA Gelar Pelatihan Membatik untuk PKK dan Karangtaruna Desa Garon Magetan  

Selasa, 12 Oktober 2021. Batik merupakan salah satu warisan budaya nusantara yang sangat kaya akan makna filosofis. Memakai batik bagi sebagian muda-mudi masih dianggap kolot, penggunaan batik juga hanya sekedar untuk melaksanakan anjuran dari sekolah maupun universitas pada hari-hari tertentu dan bukan sebagai bentuk kebutuhan.

Batik juga merupakan suatu bentuk budaya yang tak lepas dari adanya upaya pewarisan, baik dalam hal keterampilan membatik dan nilai sosial budaya yang terkandung di dalamnya. Sejalan dengan hal itu Tim Program PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) Universitas PGRI Madiun mengadakan Pembinaan dan Pemberdayaan dengan cara memberikan pelatihan membatik dari tulis, teknik ciprat dan pewarnaan pada PKK dan Karangtaruna Desa Garon Magetan.

Ketua TIM PHP2D, Dhea Septya Sahnanda menjelaskan kegiatan ini sudah disosialisasikan pada 7 Agustus 2021 dan kegiatan pelatihan sudah dilakukan selama 3 kali. Diantaranya Pelatihan 1 tanggal 4 September 2021, Pelatihan 2 tanggal 11 September 2021, dan Pelatihan 3 tanggal 18 September 2021. “Saat ini sudah mulai produksi walaupun masih sedikit”, katanya.

Kelompok baru yang dibentuk pada desa ini yaitu kelompok pemasaran yang beranggotakan 5 orang kelompok yang nantinya bertugas untuk memasarkan batik di media sosial. Pelatihan pemasaran diadakan pada tanggal 2 Oktober 2021.  “Saat ini batik garon yang di beri nama " gamurya" (Garon Muda Berkarya) juga sudah memiliki web toko pribadi, shoppe, toko pedia, dan wa bisnis” tambahnya.

Untuk kegiatan selanjutnya pada tanggal 9 Oktober 2021 yaitu kegiatan pengemasan batik yang sudah jadi. Diadakan pelatihan bagaimana pengemasan yang rapi dan baik sehingga konsumen bisa puas.

Tim PHP2D ini berangkat dari HIMAPAUD dari semester 5 dan 7 sejumlah 15 mahasiswa yang didampingi oleh dosen Sofia Nur Afifah, M.Pd.

Sofia berharap kegiatan ini dapat membantu bagaimana masyarakat desa garon dapat kemampuan membatik untuk menambah penghasilan dan mata pencariannya.