Pengukuhan Guru Besar Prof. Parji, Sampaikan Orasi ilmiah  

Selasa, 19 Oktober 2021. Dalam Acara Pengukuhan Guru Besar, Prof. Parji menyerukan orasi bertajuk Memperkuat Modal Sosial Bangsa pada Era Revolusi 4.0 dalam perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Prof. Parji menjelaskan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4.0. Beliau menyampaikan beberapa simpulan dan rekomendasi dalam rangka memperkuat modal sosial bangsa pada era revolusi Industri 4.0 sekarang ini.

Diantaranya, Prof. Parji mengatakan pada dasarnya sejak terbentuknya negara Indonesia telah memiliki modal sosial yang kuat. Namun demikian seiring dengan dinamika dan tantangan jaman modal sosial itu penting untuk terus dipelihara, diperkuat, dikembangkan dan diimplementasikan dalam konteks jamannya.

Pada era revolusi industri 4.0 ada faktor-faktor yang dapat mengikis dan mendistorsi modal sosial bangsa, oleh karena itu diperlukan antisipasi dan usaha yang serius dari semua pemangku kepentingan. Usaha perlu difokuskan pada peningkatan SDM melalui pembaharuan keterampilan, peningkatan keterampilan, kemampuan berwirausaha, dan diklat yang relevan dan bermutu.

Prof. Parji juga mengatakan penguatan, pengembangan, dan implementasi modal sosial bangsa harus dilaksanakan dalam perspektif nilai-nilai Pancasila baik sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, maupun ideologi bangsa. Pengalaman nilai-nilai pancasila secara murni dan konsekuen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus menjadi ikhtiar dan komitmen kolektif bangsa.

Untuk itu diperlukan pendekatan, strategi, dan program penguatan modal sosial bangsa, baik lewat pemerintah, masyarakat, maupun jalur pendidikan. Tri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat merupakan pilar penting dalam proses sosialisasi, internalisasi, dan implementasi modal sosial dalam perspektif  nilai-nilai Pancasila.

Dalam memperkuat modal sosial hendaknya tidak melupakan dan memperhatikan budaya dan kearifan lokal yang tersebar di seluruh bumi nusantara.

Orasi itu pun ia tutup dengan rangkaian ucapan terima kasih kepada setiap pihak serta keluarga besar yang telah memberikan dukungan tak terhingga sepanjang perjalanan pendidikan dan karir Prof. Parji dan yang telah memberi motivasi, dukungan, bantuan, dan perhatian terhadap proses pengangkatan Prof. Parji sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial Universitas PGRI Madiun. 

Dengan rasa haru beliau meneteskan Air mata saat mengucapkan terimakasih kepada Almarhum dan Almarhumah Bapak dan Ibu. “Sekalipun saya tempatkan diakhir ucapan terimakasih ini tetapi sesungguhnya beliau lah sesungguhnya orang yang paling berjasa dalam perjalanan hidup saya. Beliaulah yang selalu mengajarkan pentingnya kerja keras kejujuran, dan kebenaran dalam menjalani hidup, hingga mengantarkan saya meraih Gelar akademik tertinggi ini”, ucapnya.