Undang Lima Narasumber, Pembekalan Alumni UNIPMA Berjalan Sukses 

Kamis, 21 April 2022. Setelah dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. acara Pembekalan Alumni dilanjutkan dengan pemberian materi oleh masing-masing narasumber yang luar biasa. Acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan hari kartini 21/04/2022 secara daring melalui platform zoom meeting dan live youtube official Universitas PGRI Madiun.

 

Dalam sesi pemberian materi tersebut di moderatori oleh Maya Novitasari, S.E., M.Ak. Keberadaan alumni adalah bagian penting untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Tidak hanya itu, ternyata ada berbagai alasan mengapa kampus perlu mengelola data alumni. Keberhasilan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja merupakan salah satu tolak ukur penilaian akreditasi. Alumni juga berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga mengelola data alumni adalah komponen penting yang harus diperhatikan oleh perguruan tinggi.

 

Pemateri yang pertama yaitu Anita Nurrul Febrianti, M.Psi, Psikolog dengan  materi “persiapan memasuki dunia kerja” dan “kesehatan mental”. Anita memberikan materi mengenai hal-hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum melamar perkerjaan, etika panggilan pekerjaan dan masih banyak lagi.

 

“banyak kasus pelamar yang tidak tahu, tidak menguasai profil pengetahuan tentang perusahaan yang di lamar,. Hal ini menjadi masalah yang sangat sering terjadi,” kata Anita. Oleh karena itu pentingnya persiapan mengetahui hal-hal sebelum melamar pekerjaan serta tata cara melamar pekerjaan.

 

Menariknya dalam materi ini Anita juga melakukan Praktek wawancara yang baik. Sehingga para calon alumni mengamati secara langsung bagaimana memasuki ruang HRD, menjawab pertanyaan wawancara dan lain sebagainya.

 

Anita juga menghimbau kepada peserta pembekalan alumni untuk mengusahakan melampirkan berkas yang bisa terbaca dengan jelas. Sehingga HRD tidak ada kendala dalam membaca berkas lamaran.

 

Dilanjutkan dengan pemateri yang kedua yaitu  Aditya Dio Mulyono, S.Pd. (Wirausaha Budidaya Perikanan Lele dan Jangkrik Alam) dengan materi kiat-kiat menjadi pengusaha sukses. Jadi selain diberikan materi persiapan memasuki dunia kerja, calon alumni Universitas PGRI Madiun juga dibekali bagaimana menjadi pengusaha yang sukses.

 

Aditya juga berpesan kepada peserta pembekalan alumni/calon alumni untuk mejadi pengusaha sukses itu harus menikmati proses. “jadi pengusaha tidak bisa langsung di atas, kita harus menikmati prosesnya itu,” katanya.

 

Pemateri yang ketiga yaitu Joko Wahono, S.E. (Supervisor Transaksi Energi, PLN Kota Madiun) dengan materi “Tips Menjadi Pegawai BUMN”. Menjadi Pegawai BUMN tentunya banyak dicita-citakan oleh sebagian besar pencari kerja. Joko Wahono berpesan “update pengetahuan, perbanyak literasi kita, koneksi kita, di era digital ini. Saya harap adik-adik calon alumni tetap membaca baik di buku maupun internet.

 

Pemateri yang keempat yakni Retno Wahyunintyas (Guru SMP Negeri 1 Puhpelem Wonogiri) dengan materi “Tips dan Trik Lolos Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)”. Serta Pemateri terakhir Ahsin Daroni, S.Pd. (Guru SMP Negeri 4 Puspo SATAP, Pasuruan) “Tips dan Trik Lolos Aparatur Sipil Negara (ASN)”.

 

Moderator Maya Novitasari, S.E., M.Ak. dalam menutup acara pembekalan alumni berharap bahwa dengan adanya pembekalan ini, calon alumni mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai dunia kerja dan mendapatkan peluang lebih dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan serta gambaran dunia usaha para calon alumni Universitas PGRI Madiun.