Tim Abdimas Prodi Pendidikan Akuntansi UNIPMA, Berikan Edukasi Literasi Keuangan Dini Melalui Kesenian Dongkrek Madiun 

Penanaman literasi keuangan sedini mungkin berpengaruh terhadap pemahaman dan pengetahuan literasi keuangan yang dapat diaplikasikan di kemudian hari yaitu anak dapat mengelola keuangan dan kelak bisa hidup mandiri. Kendatipun demikian, peran keluarga dan sekolah sangat mendukung bagi anak untuk menguasai kecakapan literasi keuangan.

 

Dalam hal ini, pembelajaran yang kreatif, inovatif, menarik, dan menyenangkan untuk mudah diterima peserta didik sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar yang menjadi dasar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat BP3K MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) di PAUD Cendekia Kids School Kota Madiun pada tahun 2021 yang berjudul “EDUKASI LITERASI KEUANGAN DINI MELALUI KESENIAN DONGKREK MADIUN PADA PAUD CENDEKIA KIDS SCHOOL KOTA MADIUN”.

 

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi pemahaman literasi keuangan berbasis kearifan lokal dan melestarikan kesenian dongkrek Madiun sebagai media pembelajaran literasi keuangan pada anak usia dini.

 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat BP3K MBKM disambut dengan sangat baik oleh Ibu Yuli Retno Windiarini Rahayu, S. Pd. sebagai kepala Sekolah PAUD Cendekia Kids School Kota Madiun yang beralamat di Jl. Setiabudi Timur No.35, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun dan dengan kebaikan koordinasi, kolaborasi mitra-mitra dari kegiatan ini, sehingga program yang dilaksanakan berjalan lancar dan bermanfaat.

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat BP3K MBKM ini diketuai oleh Nur Wahyuning Sulistyowati, S.E., M. Pd. yang beranggotakan Liana Vivin Wihartanti, S.Pd., M.Pd.; Farida Styaningrum, S.Pd., M.Pd.; Kelik Sussolaikah, S.Kom., M.Kom.; Dewi Santika Risti; Intan Amalia Fadilah; dengan tim lapangan Meilinda Ike Wulandari dan Ari Suprianto; serta Bapak Trisakti Hendrianto dan Ibu Leni Nunung Nurbaningsih, S.Pd.I. sebagai praktisi seni dari tim Dongkrek Condro Budoyo RT 24 RW 07 Desa Sumberbening Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.

 

“Pelaksanaan kegiatan ini dengan sosialiasi yaitu mengedukasi peserta didik sedini mungkin terkait literasi keuangan melalui pertunjukan kesenian dongkrek Madiun,” kata Ketua Tim Abdimas Nur Wahyuning Sulistyowati, S.E., M. Pd.

 

Selain sosialisasi, ketua tim abdimas juga mengatakan adanya kegiatan pelatihan literasi keuangan, dengan bermain peran melalui pertunjukan dongkrek Madiun.

“bagaimana cara mengelola keuangan sehingga memiliki budaya nabung sejak dini. Di mana generasi emas yang intelek, berliterasi keuangan yang baik, mandiri mengelola keuangan, cakap dalam mengambil keputusan keuangan, hidup mandiri, bermoral baik (budaya antri ketika membelanjakan uang) salah satunya dapat diperoleh dari pesan moral kesenian daerah (dongkrek Madiun) yang merupakan bagian dari kekayaan bangsa sebagai jati diri bangsa yang perlu ditumbuhkan di tengah-tengah maraknya globalisasi dan era digital,” tambahnya.