Tim Abdimas Prodi Ekonomi UNIPMA Berikan Pelatihan Strategi Bisnis Model Canvas (BMC) pada Usaha Brem di Desa Kaliabu  

Tim Abdimas Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun yang diketuai oleh Ana Dhaoud Daroin beranggotakan Dwi Nila Andriani, Novita Erliana Sari dan tim mahasiswa Alfarin Yogi Wardana, Kevin Prasetya Aditya Putra melakukan pengabdian kepada masyarakat tentang pengembangan strategi Bisnis Model Canvas (BMC) pada usaha brem UD. Duta Rasa pada hari Sabtu, 02/07/2022.

Program ini melibatkan pemilik dan manajemen inti usaha brem UD. Duta Rasa, selain itu karyawan juga ikut diberikan pelatihan untuk menambah pengetahuan dalam mengambangkan usaha. UD. Duta Rasa telah menjadi mitra prodi Pendidikan ekonomi Universitas PGRI Madiun sejak tahun 2021 dalam implementasi hibah MBKM. Kerjasama yang dilakukan dalam praktek kerja mahasiswa dan kewirausahaan, sesuai dengan Indikator Kinerja Umum (IKU) 2.

Pertumbuhan usaha brem dari basis industri rumahan, telah berkembang menjadi sentra industri yang menjanjikan, dalam satu kali produksi UD. Duta Rasa ini bisa menghabiskan 2.000-3.000 kg beras ketan diproduksi menjadi sari yang nantinya menjadi bahan utama pembuatan brem. UD. Duta Rasa bekerjasama dengan reseller dan distributor untuk retail. Permintaan pasar yang tinggi, nyatanya tak mampu diimbangi oleh kapasitas produksi rumahan.

Saat ini tenaga produksi berjumlah 2 orang dengan masih menggunakan kayu bakar dan tungku sederhana dalam proses pengolahannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di usaha brem UD. Duta Rasa merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan ekonomi Universitas PGRI Madiun. Pada kesempatan ini, tim pengabdian kepada masyarakat tidak hanya memberikan materi terkait pengembangan usaha namun juga memberikan hibah berupa 5 unit kompor untuk menunjang efisiensi produksi brem.

“UD. Duta Rasa memliki potensi untuk berkembang besar, dengan bantuan 5 unit kompor ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan menambah kapasitas prooduksi harian, sehingga lebih banyak pasar yang bisa dijangkau,” tutur Ana.

“Kapasitas produksi yang naik akan berbanding lurus dengan omset dan pendapatan yang diterima, lebih lanjut dalam Analisa sederhana ekonomi mikro hal ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik pemilik/pihak manajemen maupun karyawan UD. Duta Rasa,” imbuhnya.

Kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini tidak hanya memberikan barang untuk menunjang kapasitas produksi, namun juga memberikan tambahan pengetahuan melalui pelatihan efisiensi produksi, manajemen usaha, good corporation,  serta pengembangan strategi bisnis model canvas (BMC) pada usaha brem di UD. Duta Rasa Desa Kaliabu.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat terselenggara dengan baik berkat dukungan penuh kampus Universitas PGRI Madiun melalui dana hibah abdimas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Madiun tahun anggaran 2022.

“Kami sangat bersyukur bermitra dengan kampus Universitas PGRI Madiun ini khususnya dengan Prodi Pendidikan ekonomi. kegiatan ini sangat membantu kami, para industri rumahan untuk lebih baik, maju dan berdaya saing.” tutur  Parti, pemilik UD. Duta Rasa Brem.

Tim pengabdian kepada masyarakat juga merasa senang bisa berbagi ilmu yang diperoleh sekaligus mengimplementasikan kegiatan MBKM di sentra industri brem. “Kedepanya kami berharap, Kerjasama akan terjali dengan baik dan aka nada proyek-proyek pemberdayaan sejenis dalam membantu mengatasi permasalahan UMKM dan pengembanganya," papar Ana.