PKKM PGSD Siapkan Pembelajaran yang Inovatif Berbasis Proyek dan Case 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) berhasil memenangkan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) pada tahun 2022. Salah satu aktivitas yang menjadi unggulan dari program ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran melalui Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Project Based Learning (PjBL) dan Case Based Learning (CBL).

Kegiatan tersebut berlangsung lancar pada tanggal 29 September 2022 di Ruang Pertemuan Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun yang dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun, Dr. Sardulo Gembong, M,Pd, dan dalam hal ini beliau juga sekaligus sebagai Ketua Tim Taskforce Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) Universitas PGRI Madiun.

Narasumber yang dipilih pada kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Sutama, M.Pd. Beliau adalah dosen dari Universitas Muhammadiyyah Surakarata dengan keahlian pada bidang Pendidikan matematika dan sudah banyak berpengalaman untuk inovasi pembelajaran. Dalam materi yang disampaikan, Prof. Sutama mengatakan jika yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah cara dan tujuan yang akan dicapai. Bagaimana mengolah permasalahan menjadi satu bentuk pembelajaran yang dikemas dengan cara yang apik tentu akan bisa mengantarkan anak-anak didik menjadi generasi yang siap untuk masa depan.

Dari kegiatan pelatihan ini, para dosen PGSD diharapkan mampu meningkatkan jumlah matakuliah yang mengimplementasikan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dan Case Based Learning (CBL) serta minimal dihasilkan 15 bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) atau Case Based Learning (CBL) yang siap untuk diaplikasikan di Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun.