Pemberangkatan KKN Bhakti Negeri 

Program wajib bagi mahasiswa yang menempuh semester 8 adalah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau familiar disebut dengan KKN. Tahun 2017 ini, KKN Universitas PGRI Madiun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya hanya di Kabupaten Madiun. KKN berlangsung 4 minggu atau 28 hari, terhitung mulai tanggal 6 Juli 2017 sampai dengan 2 Agustus 2017. KKN Universitas PGRI Madiun dilaksanakan di Kabupaten madiun mencangkup 3 wilayah kecamatan yaitu kecamatan Pilang Kenceng (14 desa), kecamatan Gemarang (7 desa) dan kecamatan Kare (8 desa). Adapun mahasiswa peserta KKN sebanyak 851 dibagi menjadi 2 kelas, yaitu Reguler sebanyak 751 mahasiswa dan KKBPK/BKKBN sebanyak 100 mahasiswa. Tiap kelompok terdapat 16 mahasiswa. Pelaksanann KKN 2017 tidak ada kendala yang serius, perizinanannya pun tidak ada masalah karena sebelumnya lembaga sudah mengadakan MOU dengan semua pihak yang terkait.

Rangkaian acara KKN Universitas PGRI Madiun diawali dengan pembekalan KKN. Pembekalan dilaksanakan tanggal 23 Mei 2017 di Graha Cendekia untuk mahasiswa kelas reguler. Selanjutnya, tanggal 24 Mei 2017 pembekalan diadakan untuk kelas KKBPK/BKKBN. Pemateri pembekalan disampaikan langsung oleh BKKBN provinsi Jawa Timur. Tujuan dari pembekalan tersebut adalah mengenalkan visi misi KKN Universitas PGRI Madiun serta menjelaskan hak dan kewajiban mahasiswa ketika mengabdi di desa masing-masing. Program KKN Universitas PGRI Madiun adalah 5 Bidang namun kali ini memiliki program unggulan yaitu Kebun Bergizi serta Pemetaan dan Pembudidayaan Keluarga.

Tanggal 03 Juni 2017 mahasiswa melakukan evaluasi dari pembekalan KKNtujuan dari evaluasi ini adalah mengukur pengetahuan mahasiswa seputar KKN. Rangkaian acara dilanjutkan pada Kamis, 06 Juni 2017 dimana rombongan peserta KKN resmi diberangkatkan menuju lokasi tujuan dilaksanakannya KKN. Upacara pemberangkatan tersebut dilakukan di Graha Cendekia.

Melalui upacara pemberangkatan KKN, Drs. Dwi Setiyadi. MM, berpesan mahasiswa harus tetap menjaga nama baik Universitas PGRI Madiun, bisa melaksanakan visi Universitas PGRI Madiun dalam pengabdian masyarakat.