Tim PKM-PM Unipma Gelar Life Skill Training Berbasis Aquascape pada Warga Binaan Lapas I Madiun 

Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan Kemenristekdikti memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinovasi dan melakukan pengabdian di masyarakat. Salah satu Tim PKM Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Madiun tahun 2022 lolos didanai Dikti yang beranggotakan 4 orang yakni Ayu Safitri dari Pendidikan Matematika 2019, Pebriani Rahmawati dari Pendidikan Matematika 2018, Lavenia Pratiwiningtyas dari program studi Manajemen 2018 dan Fajar Rahma Hidayat juga dari manajemen tahun 2018. Kegiatan ini didampingi oleh salah seorant dosen program studi pendidikan matematika, Restu Lusiana., M.Pd.

Kegiatan yang diadakan bertemakan Life Skill Training Berbasis Aquascape pada Pemuda Narapidana Kasus Narkoba di Lapas I Madiun untuk Mewujudkan SDGs.

Lapas I Madiun merupakan Lembaga Pemasyarakatan yang terletak di Jalan Yos Sudarso No. 100, Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Sebagian besar warga binaan Lapas Madiun merupakan pindahan dari lapas domisilinya masing-masing, seperti Bali, Surabaya, Madura dan lain-lain.

Kondisi warga binaan Lapas Madiun mengalami permasalahan dari beberapa aspek. Permasalahan dari kondisi sosial yang mana warga binaan tersebut memiliki berbagai latar belakang yang beragam. Rata-rata mereka belum menikah (lulusan SMP dan SMA) dan rata-rata masa hukumannya adalah 5 tahun, sehingga mereka membutuhkan life skill training sebagai bekal kembali pada masyarakat.

Dari kondisi ekonomi, banyak di antaranya berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah, namun ada beberapa pemuda yang berasal dari keluarga denan ekonomi menengah ke atas.

Sedangkan, solusi yang pernah diberikan untuk narapidana kasus narkoba di Lapas Madiun di antaranya pemberian pelatihan, rehabilitas dan konseling. Namun, pelatihan tersebut dirasa masih kurang, karena dilakukan dalam periode tertentu tanpa adanya keberlanjutan kegiatan. Selain hal tersebut, masih banyak waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pemuda narapidana di dalam lapas.

Di masa sekarang ini sektor dunia industri kreatif salah satunya aquascape banyak diminati masyarakat. Dari permasalahan itu, tim kami mengadakan pelatihan, yaitu dilakukannya life skill training berbasis aquascape pada pemuda narapidana kasus narkoba di Lapas Madiun sebagai upaya dalam mewujudkan SDGs, khususnya dalam mengambangkan kecakapan hidup sebagai modal mengawali hidup baru yang lebih baik di masyarakat serta meningkatkan ekonomi di sektor industri kreatif.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Warga binaan sangat senang dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlepas dari pemikiran masyarakat yang menganggap bahwa warga binaan itu dipandang kurang baik. Maka dari itu kami berusaha untuk menghilangkan pandangan tersebut dengan memberikan pelatihan ini.

Dari kegiatan tersebut diharapkan memberikan kerelaksasian dari rasa kecanduan penggunaan narkoba, kemampuan tambahan bagi warga binaan dalam sektor industri kreatif, serta meningkatkan kesejahteraan hidup mereka di masa depan.