UNIPMA Gelar Pembekalan PLP 1 dan Microteaching  

Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) melaksanakan kegiatan pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1  dan Microteaching pada hari Selasa, (14/3/2023) secara luring di gedung graha cendekia Universitas PGRI Madiun. Kegiatan ini diwajibkan bagi mahasiswa semester 5. Kegiatan diawali dengan pembukaan, sambutan, penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, serta penutup.

PLP 1 merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai guru profesional dan berpesan agar mahasiswa dapat mengikuti PLP 1 dengan baik dan serius agar mendapatkan manfaatnya. Selama pelaksanaan PLP 1, mahasiswa  membantu sekolah memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dan melakukan observasi di sekolah terkait struktur organisasi dan tata kerja disekolah, peraturan dan tata tertib, kegiatan rutin yang dilaksanakan, kegiatan kurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler, serta praktek pembiasaan positif yang ada di sekolah.

Luaran PLP 1 berupa deskripsi struktur organisasi dan tata kelola sekolah, Deskripsi peraturan dan tata tertib sekolah, identifikasi kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, identifikasi kegiatan-kegiatan rutin kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuluer, serta deskripsi praktik-praktik pembiasan dan kebiasan positif di sekolah.

Kegiatan PLP ini akan di implementasikan di sejumlah sekolah negeri dan swasta mulai dr jenjang SD hingga sekolah menengah disekitar Madiun. Diharapkan mahasiswa memahami dengan baik materi tersebut, sehingga siap untuk melakukan PLP (Pengenalan lapangan persekolahan).