Dosen FIKS UNIPMA Laksanakan Abdimas untuk Lansia 

Lansia sangat rentan terhadap suatu penyakit. Hal ini dikarenakan usia lanjut usia (Lansia) merupakan penurunan daya tubuh dan kekebalan tubuh akibat dari proses menjadi tua secara biologis. Penyakit yang diderita oleh para lansia sangat beragam, mulai dari hipertensi, kelebihan kolestrol, asam urat dan kadar gula darah, dan penyakit tua lain nya. Penyakit yang paling sering dikeluhkan adalah kelebihan kolertrol dan gula darah. Lansia sebagaimana diketahui, banyak sekali pantangan makanan dan harus rutin mengonsumsi buah/sayur.

Cek kesehatan rutin perlu dilakukan oleh seorang lansia minimal 1 bulan sekali. Bagi lansia sangat penting untuk melakukan cek kesehatan karena kondisi tubuh yang kian lama menurun. Cek yang biasa dilakukan oleh lansia adalah cek berat badan, tinggi badan, tensi dan cek gula darah, kolestrol, asam urat. Kegiatan tersebut terlaksana dalam acara kolaborasi Program Mahasiswa KKN-T Universitas PGRI Madiun Madiun Kelompok 56 dengan Dosen Abdimas dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS) Universitas PGRI Madiun pada Rabu, (1/2/2023).

Bertempat di Sekretariat kelompok 56, dalam acara tersebut disampaikan juga sosialisasi kesehatan bagi para lansia dengan pemateri Ibu Desi Kusumawati, S.Farm, M.Farm-Klin. Sedikit pembahasan dari beliau bahwa penyakit lansia rata-rata adalah hipertensi dan Kelebihan kadar gula darah. Hal ini sering terjadi karena keinginan para lansia makan seperti cucu nya, atau bahkan karena kebiasaan. Hipertensi disebabkan oleh pikiran yang terus-menerus di usia tua sehingga rentan menyebabkan tekanan darah naik.

Acara juga dihadiri oleh dekan FIKS, ibu Dr.drh. Cicilia Novi Primiani, M.Pd. , dosen Ilmu Keolahrahgaan bapak Drs.Lukas Susanto.,M.Kes. , dan DPL KKN-T desa Kenongorejo, bapak Andri Wahyu Utomo., S.Pd.,M.Or. Ibu Lurah Kenongorejo beserta staff . acara diakhiri dengan tanya jawab, berbagi pengalaman bersama masyarakat desa Kenongorejo dan mahasiswa KKN-T Kelompok 56.