Kuliah Umum Praktisi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun Kenalkan Video Game Berbasis Pendidikan, Para Siswa Dijamin Candu! 

Selasa, 16 Mei 2023, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun gelar kegiatan yang menarik. Kegiatan tersebut bernama Kuliah Umum Praktisi dalam rangka Seminar Akademik Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi bekerjasama dengan PT Sebangku Jaya Abadi dari Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan implementasi kegiatan Praktisi Mengajar yang dibiayai oleh Kemdikbudristek tahun 2023. Praktisi yang menjadi pemateri adalah Fendy Tay, M.Kom  dan Rizky, M.Kom. Acara dimulai dengan pembukaan, penandatangan MoU dan MoA oleh Kaprodi pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun dan kegiatan inti. Kegiatan ini merupakan kelas kolaborasi untuk mendukung mata kuliah Literasi Media dan Teknologi Pembelajaran yang diampu oleh Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Linda terkait literasi digital di dunia pendidikan. Rizky. M.Kom dalam materinya memberikan penjelasan mengenai Game Based Learning, yang dimana peran video game tidak hanya soal hiburan semata. Ternyata Game Based Learning pula dapat dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran terutama bidang pendidikan.

Jika pembelajaran saat ini menggunakan praktek, teori, dan kumpulan rumus-rumus. Saat ini dengan munculnya Game Based Learning dijamin membuat para siswa dan siswi menjadi candu. Mengapa demikian? Karena Game Based Learning akan mengacu pada penerapan prinsip game dan proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan engagement siswa. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas calon guru pendidikan biologi dalam membuat games yang seru, Fendy Tay, M.Kom dan Tim PT sebangku jaya abadi memberikan simulasi dan praktik secara langsung.

“Adanya kemajuan teknologi, pembelajaran dapat dilakukan dengan cara bermain games. Hal tersebut akan lebih mudah diterima oleh para siswa dan memberinya warna baru dalam proses pembelajaran yang diterima” ujar Dr. Linda selaku dosen pengampu mata kuliah.

“Siswa akan lebih memahami konsep belajar modern dengan menggunakan Game Based Learning. Mereka akan lebih menangkap pembelajaran dengan bertamasya pendidikan era  digitalisasi.” Ujar Rizky. M.Kom.

Karena, semua tahu bahwa game memang membuat para generasi penerus mudah menangkap. Sebagai contoh saja para mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Biologi juga menerima permainan yang diberikan oleh pemateri saat sesi kegiatan berlangsung. “simulasi dan dan praktik berjalan lancar, mahasiswa sangat antusias dalam mengembangkan game pendidikan” ungkap Fendy Tay, M.Kom.

Strategi pembelajaran Game Based Learning ini pula akan memberikan bahan ajar positif untuk memanfaatkan teknologi masa kini. Apalagi game-game yang berada di lintas digitalisasi sekarang sangatlah menawan dan elegan. Adanya kolaborasi dengan praktisi ini diharapkan mampu memicu semangat inovasi mahasiswa dan dosen pendidikan biologi dalam membuat teknologi pembelajaran.