UNIPMA Selenggarakan Workshop Pembuatan Statement Purpose untuk Bekali Dosen Kuliah S3 di AS 

Sistem Pendidikan di luar negeri jauh berbeda dengan Indonesia, terutama syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat masuk di perguruan tinggi. Salah satu syarat utama untuk mendaftar di perguruan tinggi di luar negeri, terutama di Amerika Seriat (AS) adalah Statement Purpose. Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dapat membuat Statement Purpose, untuk itu Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) menyelenggarakan workshop pembuatan Statement Purpose untuk bekali dosen dan karyawan yang ingin melanjutkan Pendidikan S3 di luar negeri.

Acara ini diselenggarakan di Laboratorium Bahasa Universitas PGRI Madiun, kampus 1 lantai 3, pada selasa (03/09/2019). Universitas PGRI Madiun pun tak tanggung-tanggung menggandeng pemateri dari Education USA, unit jaringan Departemen Luar Negeri AS yang memberikan informasi mengenai Pendidikan tinggi di AS, Muhammad Zaki Zukarnain. Dosen, karyawan, serta alumni Universitas PGRI Madiun yang turut hadir dapat lebih memahami pembuatan Statement Purpose.

“Ada 5 kunci penting dalam pembuatan Statement Purpose, diantaramya harus interest the reader, inform the reader, entertain the reader, dan impress the reader, selain itu Statement Purpose juga harus original berdasarkan pemikiran pribadi, bukan pemikiran orang lain”, jelas Muhammad Zaki Zukarnain.

Selain pembuatan Statement Purpose, workshop kali ini juga memberikan berbagai informasi terkait beasiswa S3 di AS. Setelah pemberian materi, para peserta workshop juga dilatih untuk langsung membuat Statement Purpose yang kemudian apabila terdapat pertanyaan ataupun kesulitan dapat didiskusikan bersama.