PKM-RSH Mahasiswa UNIPMA Adakan Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini  

Selasa, 31 Agustus 2021. Salah satu tim PKM-RSH Universitas PGRI Madiun Madiun lolos Program Kreatif Mahasiswa Dikti. Yakni,  Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Masa Pandemi Covid-19. Tim sukses menggelar Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini pada 20 lembaga paud yang berada di Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

Rosyida Nurul Anwar, S.Pd., M.Pd.I,  dosen pembimbing PKM menjelaskan, Saat ini gerakan radikalisme terus berkembang dan akhirnya merambah pada anak usia dini, ancaman-ancaman radikalisme ini sangat dikhawatirkan. Sehingga kita melakukan penelitian melalui PKM-RSH (Penguatan Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Di Masa Pandemi Covid-19) ini.

“Sekarang yang mengalami radikalisme tidak orang dewasa saja, tetapi mereka juga melibatkan anak usia dini, sehingga radikalisme harus kita cegah dan salah satu pencegahan nya dengan membimbing dan memberikan peguatan kepada anak usia dini melalui moderasi beragama”, tambahnya.  

PKM-RSH yang beranggotakan Yuliana, Fitri Lusiana, Dea Ramadhanyaty, dan Anis Rahmawati ini mendapatkan hasil penelitian didapati bahwa lembaga paud berada di Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun untuk menguatkan moderasi menggunakan metode yang disukai anak-anak yang berbentuk 1) komitmen kebangsaan, contohnya menanamkan bagaimana sikap nasionalisme, mengenalkan nama pahlawan, 2) mengenalkan toleransi, yakni menghormati perbedaan, serta 3) anti kekerasan, jadi memberikan keteladanan lembut saat berbicara dan mengajari anak untuk saling memanfaatkan.