PIKI UNIPMA Gencarkan Sosialisasi HaKI dilingkungan FT  

Untuk meningkatakan pemerolehan HakI para dosen dan mahasiswa selingkung Fakultas Teknik (FT) Universitas PGRI Madiun, diadakan sosialisasi HaKI secara daring pada kamis, (12/05/2022). Sebelum sosialisasi HaKI, Dekan FT Universitas PGRI Madiun (Nasrul Rofiah Hidayati, S.T., M.Pd.) telah berkoordinasi dengan Kepala biro PIKI Universitas PGRI Madiun (Dr. Darmadi, M.Pd.).

 

Kegiatan ini berlangsung lancar dengan menghadirkan narasumber Kepala biro PIKI Universitas PGRI Madiun, Dr. Darmadi, M.Pd. Narasumber telah memaparkan tentang pentingnya HaKI dan tata cara pendaftarannya. Kegiatan sosialisasi ini juga diberikan pengarahan oleh Wakil Rektor Bidang III Universitas PGRI Madiun (Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd).

 

Wakil Rektor Bidang III Universitas PGRI Madiun (Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd). mengatakan “kegiatan sosialisasi pemerolehan HaKI ini selain dalam rangka mendapatkan rekognisi untuk para dosen dan mahasiswa yang memiliki karya / produk dari PKM, juga untuk menambah capaian FT terkait perjanjian kinerja FT Universitas PGRI Madiun”.

 

Dr. Darmadi saat memaparkan materi juga mengatakan bahwa permasalahan umum yang muncul diantaranya minimnya tingkat pengetahuan civitas akademik di perguruan tinggi mengenai HaKI dan perkembangannya. Selain itu juga minimnya informasi dan data yang berkaitan dengan kepemilikan HaKI di perguruan tinggi.

 

“Semoga dengan sosialisasi selingkung FT Universitas PGRI Madiun ini, menambah kesadaran kepada dosen maupun mahasiswa bahwa perlindungan karya/hak cipta sangat penting,” tutupnya.