Dosen UNIPMA Adakan Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Guru TK dan Pembuatan Video Pembelajaran 

Dosen Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan  menerapkan teknologi dalam dunia pendidikan. Mengambil tema “Workshop Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Guru TK dan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva” pada Rabu (27/07/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Selosari, Magetan ini ini selaras dengan program kerja POKJA 2 Ibu-Ibu PKK Kelurahan Selosari, Magetan yaitu fokus pada pendidikan. 

Lurah Selosari, Saiful Priyo Utomo, SP. menyambut  baik kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Madiun dengan Kelurahan Selosari, Magetan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Guru TK oleh Brigitta Septarini R, S.S., M.Pd. (dosen Bahasa Inggris, Universitas PGRI Madiun) hingga pelatihan pembuatan Video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dari Ibu Tri Wahyuni C, S.S., M.Pd. (dosen dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun) kepada Ibu-ibu Pokja 2 PKK Kelurahan Selosari, Magetan.

Acara ini dilakukan dengan metode hybrid, pemateri menyampaikan secara online dan juga offline yang juga di dampingi oleh dua mahasiswa dari program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas PGRI Madiun semester 4, Sherlin Norma Azzahra dan Diana Citra Septiyani. Mereka membantu dalam hal pelaksanaan kegiatan dan juga pendampingan kepada Ibu-ibu Pokja 2 PKK Kelurahan Selosari.

Penggunaan metode hybrid menjadi tantangan tersendiri bagi kami dalam menyelenggarakan acara workshop. Meskipun demikian, antusiasme Ibu-ibu Pokja 2 PKK Kelurahan Selosari Magetan sangat luar biasa. Peserta menerima seluruh materi dan langsung menerapkannya dalam pembuatan produk video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva.

Tri Wahyuni C, S.S., M.Pd. mengatakan “pembelajaran akan lebih menyenangkan, baik itu pembelajaran Bahasa maupun mata pelajaran lainnya, apabila kegiatan pembelajaran disertai dengan media pembelajaran yang mudah di akses dan juga up to date seperti media Canva,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Brigitta Septarini R, S.S., M.Pd. bahwa “untuk pembelajaran Bahasa inggris, sebagai guru kita harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan sebaik mungkin, supaya dalam belajara Bahasa inggris, anak-anak terutama di level TK atau SD memiliki minat dan juga semangat dalam proses belajarnya,” katanya.

Brigitta menambahkan workshop ini memiliki tujuan yang sangat luar biasa dalam dunia Pendidikan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat dalam pengenalan materi Bahasa Inggris dan Pembuatan Media Pembalajaran secara digital dan modern.