Prodi PBSI UNIPMA Gelar Bulan Bahasa Tahun 2023 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  (PBSI) Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar Webinar Bulan Bahasa Tahun 2023, Senin (13/11/2023). Kegiatan ini berlangsung melalui aplikasi via zoom dengan mengangkat tema “Menyongsong Masa Depan dengan Penguatan Bahasa, Sastra dan Budaya”.

Webinar ini merupakan Program Kerja Lingua dari divisi penalaran dan pengembangan. Tujuan pelaksanaan webinar ialah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terkait ranah kesastraan terutama pada teori ekologi sastra.

Selain itu, peringatan bulan bahasa bertujuan  memperingati sumpah pemuda untuk memperkenalkan dan melestarikan ranah bahasa yang harus dipahami. Terutama mahasiswa PBSI Universitas PGRI Madiun sangat dituntut untuk mendalami bahasa dan teori ekologi sastra.

Webinar bulan bahasa tahun 2023 kali ini menghadirkan dosen sekaligus narasumber, Kodrat Eko Putro Setiawan, S.Pd.,M.Pd. Ia memberikan penjelasan materi sesuai dengan  tema yang diangkat.

Ketua pelaksana kegiatan, Yosia mengatakan webinar ini memberikan manfaat mengenai kekayaan ilmu bahasa dan teori ekologi sastra. “Mahasiswa memperoleh manfaat seperti pandai mengelola waktu, public speaking, pemahaman ilmu teori ekologi sastra, dan pendalaman bahasa”. Ujar Yosia Nindi Kurniawan saat di wawancarai.

Yosia menambahkan harapan pada bulan bahasa yang akan datang jauh lebih baik lagi, seperti sebuah festival karya bahasa dan sastra anak bangsa, dan mengundang tokoh sastrawan untuk membedah karya.

Turut hadir dalam webinar Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Muhammad Binur Huda, S.Pd.,M.Pd dan 64 Mahasiswa PBSI serta 36 orang yang hadir secara offline.