PKM UNIPMA Berhasil Lolos Pendanaan Kemendikbudristek 

Universitas PGRI Madiun kembali meraih kebanggaan dengan lolosnya proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 dan berhasil mendapatkan pendanaan dari Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek. Prestasi ini menunjukkan konsistensi dan kesuksesan Universitas PGRI Madiun dalam menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian.

Menurut laporan dari Biro Kemahasiswaan (BKM) kepada tim Humas Universitas PGRI Madiun, tidak ada peringkat resmi yang dirilis setelah kabar dari Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek diterima. Data proposal yang diajukan meliputi 8 bidang dan 2 proposal insentif. Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Akreditasi, Dr. Elva Nuraina, S.E.,M.Si, menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan yang diraih oleh tim PKM Universitas PGRI Madiun.

"Terima kasih atas kerja keras mahasiswa, dosen pendamping, BKM, Kaprodi, dan seluruh unsur yang telah mengawal prestasi kemahasiswaan, terutama PKM," ujarnya pada Jumat, 26/042024. Dr. Elva Nuraina, S.E.,M.Si, menambahkan bahwa pendanaan PKM ini perlu untuk terus konsisten dilakukan agar setiap tahun jauh lebih banyak yang lolos.

Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan PKM tidak hanya mencerminkan pencapaian prestasi mahasiswa, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi mereka. Melalui PKM, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis dalam menyelesaikan proyek mereka, tetapi juga terlatih dalam mengelola diri dan mengorganisir aktivitas kelompok. "Bila pengalaman belajar itu telah didapat mahasiswa, yakinlah bahwa saudara memiliki nilai lebih dibanding mahasiswa lainnya yang tidak pernah mengikuti PKM," lanjutnya.

Harapan dari PKM secara praktis adalah menabung prestasi mahasiswa tingkat nasional di bidang akademik, sementara secara normatifnya adalah melatih mahasiswa menyelesaikan permasalahan dengan cara ilmiah dan melawan tantangan untuk memenangi dana dari kementerian.

"Menyelesaikan laporan dan luaran yang sudah tertulis dalam proposal dengan sebaik-baiknya supaya lolos PIMNAS sehingga menginspirasi calon tim pengusul tahun berikutnya," tutupnya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan memperkaya budaya nasional.

Persyaratan Mengikuti PKM sebagai Berikut:

1. Mahasiswa aktif program Diploma dan Sarjana.

2. Seorang mahasiswa dapat bergabung pada lebih dari 1 tim pengusul PKM 8 Bidang dan/atau PKM insentif. Selain itu, mahasiswa pengusul PKM tidak tergabung dalam tim hibah lain seperti MBKM (double funding)

3. Dosen pendamping dapat mendampingi maksimal10 tim pengusul.

4. Tim beranggotakan 3-5 orang

5. Ketua tim hanya bisa mengetuai 1 proposal.