UNIPMA Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa: Peluang Belajar di Dalam dan Luar Negeri 

Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengadakan acara sosialisasi mengenai program pertukaran mahasiswa yang mencakup berbagai peluang belajar baik di dalam maupun di luar negeri di Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun,Selasa, 14 Mei 2024, kemarin. Acara bertujuan untuk memberikan informasi dan memotivasi mahasiswa agar dapat mengambil bagian dalam program-program tersebut.

Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi utama dengan dibawakan oleh pembicara yang ahli di bidangnya. Sesi pertama oleh Ibu Liya Atika, M.Pd, membahas materi mengenai Program Pertukaran Dalam Negeri, terutama tentang "Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)". Selama sesi tersebut, beliau memberikan pengetahuan yang penting bagi mahasiswa tentang pengalaman akademis serta budaya yang dapat membantu memperluas wawasan mereka. Dua alumni mahasiswa PMM yaitu Lusi Dhea Agustin dan Laili Indah juga membantu memberikan wawasan pengalaman mereka selama mengikuti program tersebut.

Sesi kedua dipandu oleh Ibu Brigtita Septarini, M.Pd, yang membawakan sesi tentang program pertukaran luar negeri. Dalam sesinya, beliau menjelaskan berbagai program seperti International Credit Transfer (ICT), SEA-Teacher, SEA- TVET, dan Indonesia International Student Mobility Award (IISMA). Beliau memberikan gambaran menyeluruh tentang cara mendaftar, syarat yang dibutuhkan, serta manfaat yang bisa didapat dari mengikuti program-program tersebut. Sesi tersebut juga diperkuat dengan bantuan dari tiga alumni Program Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri, yakni Daffa Mahendra, Fitri Nur Sukmawati, dan Sita Susanti yang memberikan wawasan dan gambaran program tersebut.

Para peserta dari berbagai fakultas memberikan respon positif terhadap acara sosialisasi ini. Mereka tampak antusias dan bertanya banyak mengenai peluang serta tantangan yang mungkin dihadapi selama mengikuti program pertukaran. Diharapkan kegiatan ini dapat menarik minat lebih banyak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program pertukaran, baik di dalam maupun luar negeri, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman mereka.